ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PRAKTIKUM EKOSISTEM DI SMP NEGERI 3 KUBU KABUPATEN KUBU RAYA

SRI PUJI ASTUTI, 121630517 (2019) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PRAKTIKUM EKOSISTEM DI SMP NEGERI 3 KUBU KABUPATEN KUBU RAYA. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Skripsi up.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa yang belum tercapai pada kelas VII SMPN 3 Kubu dikarenakan proses pembelajaran masih bersifat teacher center. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa pada praktikum materi ekosistem kelas VII SMPN 3 Kubu tahun ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian keterampilan proses sains pada indikator mengobservasi sebesar 85,86%, indikator menyusun hipotesis 82,83%, indikator megklasifikasi 82,83%, indikator merencanakan percobaan 65,66%, indikator menerapkan konsep 75,76%, indikator menarik kesimpulan 72,73% dan indikator berkomunikasi 81,82%. Sedangkan Kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator menganalisis 68%, indikator mensintesis 69%, indikator memecahkan masalah 65%, indikator mengevaluasi 69% dan indikator menyimpulkan 59%. Kata Kunci : materi ekosistem, kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, praktikum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 18 Apr 2020 05:30
Last Modified: 18 Apr 2020 05:30
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item