KESULITAN SISWA KELAS V DALAM MENGHAFAL SURAH PENDEK DI SD MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

FITRIANNI, ICE (2019) KESULITAN SISWA KELAS V DALAM MENGHAFAL SURAH PENDEK DI SD MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK. Skripsi thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI up.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas V dalam menghafal surah pendek di SD Muhammadiyah 1 Pontianak. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan pendekatan penelitiannya adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Agama (AlIslam dan Kemuhammadiyahan) dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi. Teknik analisa data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data atau display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ini (1) Faktor yang menyebabkan siswa kelas V mengalami kesulitan dalam menghafalkan surah pendek karena ayat yang dihafalkan merupakan ayat yang panjang, kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menghafal, dan beberapa anak yang kurang semangat, hal tersebut dikarenakan bacaan yang sering keliru dan ketinggalan jauh dari teman-temannya ketika menghafal, serta kurangnya motivasi dari orang tua sehingga anak sulit menghafal surah pendek. (2) Upaya Guru Agama (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan) mengatasi kesulitan siswa menghafal surah pendek di kelas V SD Muhammadiyah 1 Pontianak adalah dengan cara membetulkan bacaan anak didiknya pada saat menyetorkan hafalan. Ketika siswa menyetorkan hafalan belum tentu mereka benar dalam bacaannya, guru menegaskan agar siswa tidak malas untuk terus mengulang hafalan. Selain jam istirahat pertama dan kedua Guru Agama (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan) menyediakan waktu setelah pulang untuk siswa menghafalkan surah pendek tujuannya agar siswa cepat untuk menghafalkan surah pendek tersebut, Guru memberikan kartu hafalan kepada siswa, di dalam kartu tersebut berisikan tanda tangan guru dan tanda tangan orang tua, agar orang tua mengetahui tingkat hafalan anaknya. Guru tidak mencantumkan kartu tanda tangan untuk guru ngaji, jika dicantumkan pasti akan lebih efektif. Kata Kunci : Kesulitan Menghafal Surah Pendek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 18 Apr 2020 05:25
Last Modified: 03 Jan 2024 04:08
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item View Item