HUBUNGAN PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN POLA KONSUMSI DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATFAL JAMIATUL KHAIR PONTIANAK

Rahmiyah, Rahmiyah and Budiastutik, Indah and Sutrisno, Sutrisno (2016) HUBUNGAN PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN POLA KONSUMSI DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATFAL JAMIATUL KHAIR PONTIANAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL RAHMIYAH.pdf

Download (429kB)

Abstract

Latar belakang dalam peneltian ini adalah maraknya makanan cepat saji dan instant yang sering menjadi menu bekal anak disekolah. Berdasarkan hasil survei pendahuluan 62% anak membawa bekal chiki-chiki disekolah, 11% membawa sosis dan nugget, 37% membawa nasi kuning. Berdasarkan data perkembangan anak bulan Desember 2013 dengan proporsi dari 34 anak 11% memiliki berat badan 14 kg, 9% dengan berat badan 15 kg, 11% dengan berat badan 16 kg. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan peran guru dan peran orang tua dalam pelaksanaan pola konsumsi dengan status gizi anak usia dini. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan cross sectional terhadap 33 orang tua beserta 6 guru dengan teknik sampling jenuh. Variabel yang diukur adalah peran guru dengan status gizi dan peran orang tua dengan status gizi. Uji statistik menggunakan Chi Square dengan taraf kepercayaan 5 % dan rumus korelasi product moment dengan taraf signifikansi 2 tailled. Hasil analisis bivariat menggunakan rumus korelasi product moment menunjukkan ada hubungan peran guru dengan status gizi anak usia 5-7 tahun nilai p value= 0,401 dengan nilai kekuatan korelasi sedang dan ada hubungan yang bermakna antara peran orang tua dengan status gizi anak usia 5-7 tahun dengan nilai p value 0,012. Kesimpulan dari penelitian ini adalah status gizi dan pola konsumsi anak akan meningkat baik apabila peran guru dan peran orang tua saling bekerjasama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peran guru, orang tua, status gizi anak usia 5-7 tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 13:06
Last Modified: 21 Mar 2017 13:06
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item