UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA KERETA ABJAD DI TAMAN KANAK-KANAK BARUNAWATI PONTIANAK

Nurul, Apriyanti (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA KERETA ABJAD DI TAMAN KANAK-KANAK BARUNAWATI PONTIANAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
JURNAL NURUL APRIANTI.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang terjadi di Taman Kanak-kanak Barunawati Pontianak yaitu pada saat proses pembelajaran huruf abjad guru sangat sering menggunakan media papan tulis (white board) dan spidol hitam, karena seringnya guru menggunakan media tersebut, menyebabkan anak merasa bosan sehingga tidak memperhatikan ketika guru menyampaikan pemebelajaran huruf abjad, masalah ini menyebabkan anak kurang baik dalam menyimak pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang 1) penggunaan media kereta abjad untuk meningkatkan kemampuan menyimak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Barunawati Pontianak, 2) Hasil penggunaan media kereta abjad dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Barunawati Pontianak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas A Taman Kanak-kanak Barunawati Pontianak. Langkah-langkahnya terdiri atas: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang masing-masing terdiri atas dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan teknik persentase. Data pada penelitian tindakan kelas ini adalah data yang diperoleh dari subjek penelitian yang terdiri atas 1 orang guru kelas A dan 14 anak didik. Hasilnya adalah kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun setelah diterapkan pembelajaran melalui media kereta abjad setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan aspek perkembangan bahasa khususnya menyimak yaitu 1) menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lain) siklus I pertemuan ke 1 (15,38%) dan pertemuan ke 2 (23,07%), Siklus II pertemuan ke 1 (50%) dan pertemuan ke 2 (46,15%). Siklus III pertemuan ke 1 (57,14%) dan pertemuan ke 2 (95,85%). 2) Mengerti dua perintah yang diberikan secara bersamaan, siklus I pertemuan ke 1 (15,38%) dan pertemuan ke 2 (23,07%). Siklus II pertemuan ke 1 (30%) dan pertemuan ke 2 (38,46%). Siklus III pertemuan ke 1 (64,28%) dan pertemuan ke 2 (85,71%). 3) Meniru huruf siklus I pertemuan ke 1 (7,69%) dan pertemuan ke 2 (15,38%). Siklus II pertemuan ke 1 (40%) dan pertemuan ke 2 (38,46%). Siklus III pertemuan ke 1 (57,14%) dan ke 2 (78,57%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Kereta Abjad, Kemampuan Menyimak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 13:04
Last Modified: 21 Mar 2017 13:04
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item