FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MEMILIH DUKUN BAYI SEBAGAI PENOLONG PERSALINAN (Studi Ibu Primipara Di Wilayah Kerja Puskesmas Kakap Dan Puskesmas Sui. Rengas)

ENY TRIMARYANTI, 101510045 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MEMILIH DUKUN BAYI SEBAGAI PENOLONG PERSALINAN (Studi Ibu Primipara Di Wilayah Kerja Puskesmas Kakap Dan Puskesmas Sui. Rengas). Diploma thesis, UM Pontianak.

[img]
Preview
Text
1.cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Persalinan yang ditolong oleh dukun bayi adalah salah satu kasus kesehatan yang masih banyak terjadi di Indonesia. Kenyataanya hampir semua masyarakat Indonesia baik yang tinggal di Pedesaan maupun Perkotaan sekalipun lebih senang ditolong dukun. Tujuan penelitian adalah Mendapatkan informasi faktor-faktor yang berhubungan dengan memilih dukun bayi sebagai penolong persalinan pada ibu primipara di wilayah kerja Puskesmas Kakap dan Puskesmas Sui. Rengas. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Besar sample penelitian sebanyak 57 sampel. Masing-masing variabel yang diteliti diuji dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada hubungan antara kepercayaan (p value = 0,008), pengetahuan (p value = 0,002), dukungan suami (p value = 0,031), dukungan orang tua (p value = 0,025) dukungan lingkungan (p value = 0,020) dengan memilih dukun bayi sebagai penolong persalinan pada ibu primipara di wilayah kerja Puskesmas Kakap dan Puskesmas Sui. Rengas Saran bagi Puskesmas untuk memberikan penyuluhan kesehatan tentang pentingnya bersalin dengan tenaga kesehatan untuk mengurangi angka kejadian bersalin menggunakan tenaga non kesehatan (dukun) dan diharapkan untuk tenaga kesehatan sering melibatkan diri dalam kegiatan masyarakat dan aktif dalam organisasi yang ada dalam masyarakat seperti PKK, arisan dan pengajian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Unnamed user with email repository@unmuhpnk.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2016 06:29
Last Modified: 10 Dec 2016 06:29
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/10

Actions (login required)

View Item View Item